Mobile Computing

Mobile computing merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.



Mobile    computing    memiliki karakteristik   bergerak   dan   dapat menjangkau  area  yang  luas,  sehingga pengguna  bisa  melakukan  komunikasi atau  transfer  data  kapan  saja  dan darimana  saja.  Kondisi  ini  sangat membantu  para  pengguna  perangkat mobile  (seperti  mobile  phone,  smartphone  dan  PDA)  untuk  melakukan transaksi  bisnis  dengan  dukungan mobile Internet yang menjadi salah satu fitur   unggulannya.

Dari istilah mobile computing tersebut dapat disimpulkan bahwa mobile computing merupakan sekumpulan operasi-operasi komputasi yang mengizinkan seorang user untuk mengakses informasi dari peralatan portable seperti notebook, PDA, mobile  phone, pemutar music, peralatan game portabel dan sebagainya, dimana dapat digunakan untuk mendukung komunikasi.
Teknologi Jaringan
Teknologi jaringan selular berevolusi dari analog menjadi sistem digital, dari circuit switching menjadi packet switching. Evolusi teknologi selular terbagi menjadi:
a. 1G: AMPS (Advanced Mobile Phone System)
b. 2G: GSM (Global System for Mobile Communication)
c. 2.5G: GPRS (General Packet Radio System)
d. 3G: UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)
e. 3.5G: HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)
f. 4G: LTE (Long Term Evolution)
Contoh teknologi mobile computing :
- Laptop
- Handphone
- Cloud App
- PDA
Kelebihan Mobile Computing :
- Bisa Mengaksesan informasi setiap saat & dimanapun
- Biaya tidak terlalu mahal
- Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain
- Cocok pada daerah yang belum ada infrastruktur
Kelemahan Mobile Computing :
- banyak tenaga yang digunakan
- gangguan transmis karena cuaca atau yang lainnya
- bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan

Sumber :
Andik Setyono, (2013) EKSPLORASI MOBILE COMPUTING UNTUK KOMUNIKASI. Jakarta : Universitas Dian Nuswantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar